PGRI Nasional_Konveksi24jam

Seragam PGRI adalah seragam yang biasa digunakan untuk seluruh anggota PGRI di seluruh Indonesia. Seragam ini wajib digunakan setiap tanggal 25 November, untu memperingati hari lahirnya PGRI. Organisasi ini adalah salah satu organisasi tertua di Indonsia yang menaungi para tenaga pendidik di Indonesia,

PGRI adalah organisasi di Indonesia yang anggotanya berprofesi sebagai guru. Organisasi ini didirikan dengan semangat perjuangan para guru pribumi pada zaman Belanda. Pada awalnya organisasi perjuangan guru-guru pribumi pada zaman Belanda berdiri pada tahun 1912 dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

Pada tahun 1932 nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Pada zaman pendudukan Jepang segala organisasi dilarang, sekolah ditutup, Persatuan Guru Indonesia (PGI) tidak dapat lagi melakukan aktivitas.

Kongres Guru Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta, dengan jiwa semangat proklamasi 17 Agustus 1945 segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama dan suku, sepakat dihapuskan. Mereka adalah guru-guru yang aktif mengajar, pensiunan guru yang aktif berjuang, dan pegawai pendidikan Republik Indonesia yang baru dibentuk.

Mereka bersatu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di dalam kongres inilah, pada tanggal 25 November 1945 – seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan.

Dasar Hukum pada Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 merupakan sebagai tanda penghormatan kepada guru, pemerintah RI menetapkan hari lahir PGRI pada tanggal 25 November sebagai Hari Guru nasional. dan anggota-anggotanya, antara lain:

  1. Para guru/dosen dan tenaga kependidikan,
  2. Para ahli yang menjalankan pekerjaan pendidikan,
  3. Mereka yang menjabat pekerjaan di bidang pendidikan,
  4. Pensiunan yang dimaksud dalam butir (a), (b), dan (c) pasal ini yang tidak menyatakan dirinya keluar dari keanggotaan PGRI.

Seragam PGRI terdiri dari atasan dan bawahan yang memiliki ketentuan sesuai dengan AD/ART PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI). yaitu:

  1. Atasan : Seragam Kemeja Batik dengan motif warna hitam dan putih dengan logo PGRI
  2. Bawahan: Celana/ Rok berwarna Hitam

Seragam PGRI wajib digunakan terutama di bulan November karena dibulan ini seluruh anggota PGRI di seluruh Indonesia akan memperingati hari kelahiran organisasi PGRI, yang jatuh pada tanggal 25 November

Arti lambang PGRI sebagai berikut, seperti yang dituliskan pada wikipedia.id:

Bentuk:

cakra/lingkaran melambangkan cita-cita luhur dan daya upaya menunaikan pengabdian terus-menerus.

Ukuran, corak, dan warna bidang:

bagian pinggir lingkaran berwarna merah melambangkan pengabdian yang dilandasi kemurnian dan keberanian bagi kepentingan rakyat.

Warna putih dengan tulisan “Persatuan Guru Republik Indonesia”

melambangkan pengabdian yang dilandasi kesucian dan kasih sayang. Panduan warna pinggir merah-putih melambangkan pengabdian kepada negara, bangsa, dan tanah air Indonesia.

Suluh berdiri tegak bercorak 4 garis tegak dan datar berwarna kuning:

Simbol yang melambangkan fungsi guru (pada pendidikan prasekolah, dasar, menengah, dan perguruan tinggi) dengan hakikat tugas pengabdian guru sebagai pendidik yang besar dan luhur.

Nyala api dengan 5 sinar warna merah: Simbol yang melambangkan arti ideologi Pancasila, dan arti teknis yakni sasaran budi pekerti, cipta, rasa, karsa, dan karya generasi.

Empat buku mengapit suluh:

Posisi 2 datar dan 2 tegak (simetris) dengan warna corak putih melambangkan sumber ilmu yang menyangkut nilai-nilai moral, pengetahuan, keterampilan dan akhlak bagi tingkatan lembaga-lembaga pendidikan prasekolah, dasar, menengah, dan tinggi.

Warna dasar tengah hijau:

Simbol yang melambangkan kemakmuran generasi.

Tetapi lambang tersebut dalam BATIK PGRI dalam balutan warna Hitam dan Putih. Meski tanpa warna warni sesuai dengan lambang PGRI diatas, tetap saja tidak mengurangi makna arti simbolnya.

Batik PGRI sangat pas jika di berikan bawahan hitam dan jilbab Hitam/putih, semakin membuat cantik bagi yang menggunakan. Yang Jelas semakin Bangga menjadi Guru Indonesia.

Konveksi24jam.com setiap bulan November sering sekali menerima order dari para guru di seluruh Indonesia, untuk pembuatan seragam PGRI. dari mulai satuan bahkan order yang bersifat kolektif dari lembaga-lembaga pendidikan di seluruh Indonesia.