Penjahit Butik, Modiste, Tailor, Couturier, Konveksi, dan Garment

Proses Produksi Service Konveksi24jam.com

Konveksi Tangerang, Bagi orang yang awam dengan fashion, kadang belum begitu memahami perbedaan profesi penjahit atau usaha dibidang fashion/garment yang dinamakan berbeda-beda tergantung genre seperti dalam musik ada spesialisasinya, antara lain:

Butik Louis Vuitton

Penjahit Butik, Salah satu jenis usaha dibidang fashion yang banyak berjamuran di kota-kota besar seperti Kota Jakarta, Bandung, Surabaya, dll.  menurut Rulanti Satyodirgo (1979:120) yaitu:“Butik adalah toko busana yang menjual busana berkualitas tinggi dan menyediakan bahan-bahan yang halus bermutu tinggi dan mutakhir serta pelengkap busana”.

Butik biasanya memiliki penjahit yang sudah berpengalaman/ Senior, cara kerjanya juga sangat teliti dan diukur perseorangan sesuai keinginan customer. Jenis baju yang dikerjakan rata-rata model baju dengan tingkat kesulitan tinggi seperti gaun pengantin, baju pesta, setelan jas, kostum panggung, dll. Dari segi harga bervariasi namun relatif mahal berkisar 1.000.000-50.000.000, biasanya memiliki toko yang mendisplay karyanya dengan interior yang sangat mewah, target marketnya lebih kepada kalangan atas (menengah atas) seperti ibu-ibu pejabat, artist, model , dll. kuantiti pesanan sangat custom satuan, lama pengerjaan berkisar 1-4 minggu per baju. proses pengerjaannya melalui proses:

  • Ukur badan
  • Membuat pola dan jahit dasar (jahit stiching renggang)
  • Fitting, customer diminta datang kembali untung fitting badan kembali apabila belum pas bisa langsung di revisi
  • Finalisasi jahitan dengan jahitan lebih rapat
  • Serah terima ke customer
Penjahit Modiste

Penjahit Modiste, Adalah wanita yang ahli dalam membuat pakaian wanita. Jadi, modiste merupakan nama profesi penjahit (menurut KBBI), Suatu bentuk usaha menerima jahitan busana wanita, dengan menggunakan bahan maupun model sesuai permintaan pelanggan, dan teknik penyelesaian sesuai model yang dikehendaki.

hampir mirip dengan penjahit Butik, hanya saja lebih dikhususkan kepada model baju-baju wanita, bentuknya hanya rumah produksi, namun lebih custom dan sifat nya limited editions, modelnya tidak terlalu sulit namun bervariasi, karena jenis baju wanita memang lebih vatiatif dari segi model, jahitan juga cukup rapih, namun tidak serapih dan sedetail jahitan butik, harga lebih terjangkau berkisar 200.000-2.000.000, kuantiti pesanan mulai dari satuan paling banyak 5 lusin, karena sifatnya sangat limited edition.

Penjahit Tailor

Penjahit Tailor, penjahit khusus busana pria yakni “tailor”, selain modiste yang biasanya kita lihat dipinggir-pinggir jalan, kios tailor banyak bertebaran di pinggiran ibu kota. biasanya penjahit tailor menerima pekerjaan menjahit pakaian pria satuan dan vermak baju satuan dengan harga dibawah harga butik dan modiste berkisar 75.000-500.000. karena model baju pria biasanya lebih simple, lama pengerjaan bisa sampai 2 minggu -1 bulan per baju, sistemnya tetap diukur badan namun tidak perlu fitting.

Kulitas jahitan cukup layak dan rapih karena penjahitnya tidak terlalu banyak, biasanya pemilik juga sebagai penjahit jadi hasil jahitan cukup terkontrol. model yang dikerjakan berkisar seragam satuan dan baju muslim dengan pola yang tidak terlalu rumit namun diukur satuan sehingga hasilnya sesuai dengan ukuran tubuh costumer.

Penjahit Couturier

Penjahit Coutourier, hampir sama dengan tailor dan modiste hanya saja penjahit coutorier lebih banyak ilmunya karena bisa menerima jenis model pakaian pria dan wanita (biasanya fashion designer), sistemnya juga menerima jahit satuan paling banyak 1-2 lusin, karena sifatnya custom dan limited edition, harga berkisar sama dengan tailor dan modiste tergantung kesulitan model, namun jahitan lebih rapih dan lebih teliti karena biasanya dibuat dengan teliti dengan sistem gosok dan jahit secara bergantian, menggunakan sistem fitting ukuran sebanyak yang diperlukan, sehingga tingkat human error lebih sedikit, harga jasanya berkisar 100.000-5.000.000, terggantung tingkat kesulitan. lama pengerjaan bisa sampai 2-4 minggu. rata-rata penjahit coutorier sudah mahir membuat pola sekaligus jahit, namun masih dibawah butik dari segi skill dan ketelitian. pemilik coutourier biasanya adalah designer pemula yang kreatif dan memiliki keahlian tinggi.

Penjahit Konveksi

Penjahit Konveksi, istilah konveksi atau usaha konfeksi diberbagai literatur fashion ternyata hanya ada di Indonesia, cikal bakalnya adalah karena di Indonesia sejak lama berdiri pabrik Garment terutama di kota Tangerang, Bekasi, Bandung, yang pekerjaannya sering sekali over quota, untuk mengatasi hal tersebut pekerjaan kemudian disubcontract (dikonveksikan) ke penjahit-penjahit ukm berskala lebih kecil antara 1-50 Mesin, sebagai usaha binaan pabrik garment, biasanya penjahit konveksi adalah mantan pekerja di garment yang memulai usaha sendiri secara perseorangan. namun saat ini banyak konveksi yang sudah lebih profesional dan memiliki badan hukum sendiri. kuantiti massal yang dikerjakan berkisar antara 100-10.000 pcs per model.

Jenis baju yang dikerjakan adalah model baju Ready to Wear (S,M,L,XL), biasanya konveksi menerima baju sudah berbentuk potongan (CMT) jasa makloon dari garment, namun saat ini banyak juga konveksi yang sekaligus mengerjakan pola dan potong bahkan menerima full order (Free On Board) FOB barang sampe jadi, jahitan tidak serapih garment karena sistem organisasinya dibuat lebih ringkas dibanding garment. Harga relatif lebih murah di banding tailor berkisar 25.000-200.000 tergantung kuantiti pesanan dan model produk yang dibuat. mengingat harga yang cukup ekonomis banyak saat ini toko/ brand online yang memanfaatkan jasa konveksi untuk memproduksi produk jualannya secara custom.

Penjahit Garment

Penjahit Garment, seperti kita tahu negara indonesia adalah negara yang memiliki cukup banyak garment, terutama di daerah Tangerang, Karawang, Bekasi, Bandung dikarenakan upah pekerja yang murah banyak pengusaha korea, cina, india membuka pabrik garment di Indonesia. Karena sudah bertahun-tahun beroperasi kini banyak dikatakan negara Indonesia memiliki penjahit terbaik di dunia dengan sistem line pabrikasi berskala besar, banyak brand-brand ternama seperti Nike, Adidas, Sophie martin, H&M, Victoria secret, Zara di makloon kan (CMT) di Indonesia. minimal pengerjaan kuantiti skalanya besar berkisar 10.000 pcs -jutaan pcs/ Model. mempekerjakan minimal 2000 penjahit yang dibagi kedalam beberapa line dimana 1 line terdiri dari minimal 50 orang. sangat terorganisir dan ditarget perhari antara 1000-10000 pcs baju dapat diselesaikan. biasanya penjahit garment hanya mengerjakan per komponen baju, misal hanya jahit kerah saja, atau tangan saja, setiap penjahit difokuskan hanya menjahit perbagian, jadi tidak sampai semua proses sampai baju jadi. jahitan lebih rapih dari konveksi karena sistem QC yang ketat, dan pekerjaan yang terorganisir dengan rapih. harga pun lebih mahal dibanding konveksi, namun karena jahitan garment bersifat massal masih relatif lebih murah dibanding modiste, tailor dan butik.

Konveksi24jam.com

Office:
Jl, Nusa Dua IV, No.34 B
Perumnas II Tangerang
Tlp. 021-55659253
08111101678

Workshop I (Sablon & Design Jahit/Sample, Pattern/Pola, Potong):
Kp. Bencongan, RT. 08/01, No.34
POS PDIP, Kec. Kelapa Dua
Tangerang, Banten.
Tlp. 021-55659253
HP. 08111101678 (Whatsapp)
Email: konveksi24jam@gmail.com

Workshop II (Workshop Jahit)
Kp. Pekayon
Jati , Mauk
Tangerang, Banten